Kobra Masuk Kampung

99 views
- Advertisement -

Kecuali pawang ular, pastilah ngeri berhadapan dengan reptile yang sekujur tubuhnya leher semua. Di sinilah bedanya; orang berleher panjang cenderung bersuara lantang, tapi ular seluruh badan terdiri dari leher, kok malah tak bisa bersuara, apa lagi menyanyi.

Ular itu memang macam-macam jenisnya, ada yang berbahaya, ada pula yang tidak. Yang tidak berbahaya misalnya ular belang, ular kobra. Yang tak berbahaya adalah ular lare angon, ular sawah yang disebut ular sawa atau phyton. Maka bila induk ular phyton bisa ngomong, akan berpesan pada anak-anaknya, “He, main jangan jauh-jauh, ketangkep orang bisa jadi tas kamu….!”

Kalangan ular di daerah Kabupaten Purworejo (Jateng) beda lagi. Jika ular bisa berbicara seperti dalam dongeng Kanjeng Nabi Sulaiman, maka dia akan berpesan pada  anak-anaknya, “Boleh main jauh, tapi jangan sampai masuk kampung Pandekluwih belakang kabupaten lho ya, bisa jadi abon kamu!” Maklum, di kampung ini terutama di Jl. KH. Ahmad Dahlan, banyak ditemukan penjual abon ular kobra untuk penyembuh penyakit eksim.

Tapi kata orang, ular kobra sampai masuk kampung biasanya karena habitat terganggu, apa lagi sekarang banyak sawah dan hutan disulap jadi perumahan. Maka berhati-hatilah pada lingkungan yang banyak semaknya, di situlah biasanya kobra membuat liang.

Jika kobra dewasa unjuk gigi, mendongakkan kepala nyaris seperti sendok, orang harus berhati-hati, karena dia dia siap menyemburkan bisanya. Maka hanya orang India lah yang paling pemberani, ular kobra yang berbahaya itu malah dijadikan obyek mencari uang lewat sebuah seruling antiknya. Padahal di negerinya sana, setiap tahunnnya ribuan orang tewas digigit ular kobra.

Bagaimana mencegah ular tidak masuk rumah? Sebuah mitos mengatakan, sebaiknya di halaman rumah ditaburi garam. Tapi itu ternyata tidak benar, karena ular tak takut pada garam. Yang ditakuti justru bau-bau yang tajam seperti parfum, karbol dan obat nyamuk cair. Maka jika ada ular masuk rumah, segera saja: semprotkan Baygon sayang! (Cantrik Metaram)

- Advertisement -