Menguak Tabir Misteri Kasus Novel

189 views
Penetapan tersangka kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, RM (kiri) dan RB yang terjadi hampir tiga tahun lalu diharap mengawali pengusutan tuntas sampai ke dalangnya.
- Advertisement -

DICOKOKNYA RB dan RM, tersangka pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, diharapkan mengawali pengungkapan tuntas kasus penyiraman air keras yang sudah berlalu hampir tiga tahun itu.

Novel disiram air keras oleh dua pelaku yang berboncengan dengan sepeda motor saat berjalan kaki sepulang shalat subuh dari mesjid Al-Ihsan yang berjarak hanya beberapa meter dari rumahnya di kawasan Kepala Gading, Jakarta Utara pada 11 April 2017.

Akibat cedera yang dialami di mata kirinya, Novel sempat dirujuk di RS Singapura, sementara kedua pelaku, walau aksi mereka terekam di CCTV dan sketsa wajah mereka berhasil dilukis, seolah-olah raib ditelan bumi.

Misteri kasus Novel sempat mencederai legacy yang ditinggalkan Presiden Jokowi selama periode pertama kepemimpinnya (2014 – 2019) selain kematian aktivis HAM Munir Said Thalib yang diracun arsenik dalam penerbangan ke Amsterdam pada 7 Sept. 2014.

Hingga kini, setelah 15 tahun berlalu, aktor intelektual atau dalang pembunuhan terencana itu belum terungkap kecuali operator lapangan, pilot Garuda, Polycarpus Budi Priyanto yang dipidanakan setelah terbukti menaruh arsenik ke makanan yang disantap korban.

Bedanya, kasus Munir terjadi di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sementara kasus Novel Baswedan terjadi di era kepemimpinan periode pertama Presiden Joko Widodo.

Kasus penyiraman air keras terhadap Novel nyaris gelap selama 32 bulan di tengah dugaan adanya keterlibatan seorang perwira tinggi polisi dan penganiayaan terhadap Novel berkaitan dengan kasus yang ditanganinya.

Menurut catatan, Novel a.l. menangani kasus e-KTP (terdakwanya
mantan Ketua DPR Setya Novanto), kasus mantan Ketua MK Moh. Akil Mochtar dan Mantan Sekjen MA Nurhadi, mantan Bupati Buol Amran Batalipu dan kasus simulator SIM (terdakwa mantan Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Djoko Susilo).

- Advertisement -