Cerita Relawan Lansia Unjuk Kebolehan Bantu Korban Banjir

40 views
- Advertisement -

JAKARTA – Kisah inspiratif datang dari bencana banjir Jakarta. Yakni munculnya sosok relawan lansia bernama Yuliana Susianti. Kendati rumahnya di kawasan Semper Barat, Cilincing wanita berusia 61 tahun ini tetap tersenyum sembari memasak di dapur umum Posko Logistik Suku Dinas Sosial Jakarta Utara.

Menurut Yuliana hatinya mulai terketuk menjadi seorang relawan sejak 2007 silam. Kala itu, kediamannya diterjang banjir hampir setinggi pinggang dewasa. Seluruh anggota keluarganya dievakuasi ke posko pengungsian.

“Waktu itu rumah saya juga banjir. Tapi dari situ saya terketuk hatinya untuk ikut menolong sesama korban,” ceritanya saat ditemui di Posko Logistik Sudin Sosial Jakarta Utara, Jalan Keramat Jaya, Koja, seperti dilansir dari akun instagram @kominfotik_ju (2/1).

Setiap kali terjadi bencana, dirinya selalu mengutamakan tugas sebagai relawan. Memanfaatkan keahlian memasaknya, wanita yang disapa Mpok Yuli ini selalu siap bertugas di dapur umum.

Seperti saat ini, dirinya bersama relawan lainnya telah memasak lebih dari tiga ribu bungkus nasi siap santap bagi pengungsi yang tersebar di Jakarta Utara. Tak sedikitpun terbesit jerih payahnya ini mendapatkan imbalan dari pemerintah.

- Advertisement -