CUPU PAMEKAK TIRTA

101 views
- Advertisement -

Man….nyungsung werta, nyungsung werti…” begitu selalu mereka berebut ngomong.

“Bosan aku! Memangnya nggak ada kata lain? Dari dulu hanya itu saja yang diomongkan.” Sindir Patih Sengkuni pada Durmagati, adapun Kartomarmo memilih diam seribu basa.

Diamnya Kartomarmo kali ini memang lain. Sebab dia baru saja dipanggil secara khusus oleh Prabu Jokopit, ditegur soal program Tirtotinalang era adipati Dirgobasuki yang tak dilanjutkannya. Sebelum dilengserkan oleh Kartomarmo, Dirgobasuki memang sedang getol mengatasi banjir di negerinya dengan memberi talang beton memanjang pada aliran sungai Yamuna. Oleh karena itu negeri tersebut diberi nama Tirtotinalang, yang mengandung makna: air dilewatkan talang.

“Sebentar lagi musim hujan, jangan sampai negerimu kebanjiran lagi. Biar itu program pendahulumu, asal baik kenapa tak dilanjutkan?” tegur Prabu Jokopit di ruang khusus, agar tak sampai bocor oleh pers dan media online.

“Tapi itu kan melanggar sunatulah, kangmas Prabu. Air itu harus dimasukkan ke bumi, bukan dimasukkan talang raksasa lalu dialirkan ke laut. Itu program salah fatal adipati Dirgobasuki,” jawab Kartomarmo ngeyel, seperti biasanya.

Demikianlah, instruksi kakak kandungnya sama sekali tak digubris. Bahkan dana penanggulangan banjir senilai Rp 1 trilyun, separonya dipangkas untuk membangun trotoar dan jalur sepeda. Benar-benar Kartomarmo adipati yang tak paham skala prioritas. Dia memang adipati yang sangat perhatian pada PKL, sehingga trotoar dibangun selebar mungkin agar bisa dimanfaatkan untuk menampung PKL juga. Tapi mereka juga sangat diharapkan jadi pendukung setia manakala Kartomarmo pengin jadi raja Ngastina.

Karena tak mau perhatikan saran raja Ngastina, apa lacur? Pas malam Tahun Baru 2020 kadipaten Tirtotinalang hujan  berkepanjangan sampai pagi. Akibatnya terjadi banjir di mana-mana. Rumah rakyat, gedung perkantoran, semua terendam, mobil-mobil mengapung seakan kapal, penduduk mengungsi. Pendek kata, berantakan kotanya, basah kuyup warganya.

- Advertisement -