Cinta Suami Lewat Perut

175 views
- Advertisement -

Kebanyakan suami memang fanatik pada masakan emak atau ibunya dulu. Makanan apapun, baginya terasa lebih nikmat olahan ibunya, itu karena dari balita sampai dewasa tak pernah lepas dari masakan karya ibu. Tak mengherankan suami sering membandingkan masakan istri dengan masakan ibunya. “Kok nggak seenak masakan ibu saya dulu.” Kata seorang suami. Kata-kata itu masih terasa halus. Tapi ada yang membandingkan secara frontal dan kasar, “Kok enakan masakan ibu saya!”

Wah, bagi istri kalimat terakhir itu bisa menyinggung perasaan. Jika pinjam istilah Asmuni Srimulat, itu termasuk “sedikit kata-katamu, tapi sengak didengar”. Karenanya, jangan sampai membandingkan seperti itu, sebab si istri akan membalas mengatakan, “Sana ikut emakmu!”. Ya kalau masih hidup, jika sudah meninggal kan sama saja suami disuruh mati sekalian!

Dalam Islam diriwayatkan lewat hadits, bahwa Nabi Mohammad SAW tak pernah mencela masakan istrinya. Secara halus hanya Rosulullah katakan, “makanan ini tak ada dalam kaumku, sehingga kurang berselera memakannya.” Maka menurut periwayat hadits Abu Hurairoh, “Beliau tidak pernah mencela makanan, jika suka maka akan memakannya. Jika tidak suka akan meninggalkannya.”

Orangtua dulu selalu mengajari anak perempuannya untuk pintar memasak. Tapi orangtua generasi sekarang sudah jarang yang melakukannya, karena orangtuanya sendiri sudah tak bisa masak. Maka ibu-ibu muda sekarang, tak banyak yang pintar masak. Mereka cukup mengandalkan masakan rumahmakan online, yang hanya pencet-pencet HP makanan sudah datang sendiri ke rumah.

Pernah seorang ibu rumahtangga muda pagi-pagi telpon emaknya, bertanya bagaimana menggoreng telur? Sebab sang suami ingin sarapan pakai telur goreng sebelum berangkat kerja. Maka ibupun sambil geleng-geleng kepala memberi petunjuk lewat telepon, “Telur bebek atau ayam diaduk (dikocok) dalam mangkuk, diberi garam sedikit, lalu digoreng di wajan dengan minyak sedikit saja. Tunggu lima menit sudah jadi.” Kata sang ibu.

- Advertisement -