Israel Setujui Pembangunan 2.000 Rumah Pemukim Baru di Tanah Palestina

267 views
Ilustrasi pemukiman Israel di Tepi Barat/ IST
- Advertisement -

YERUSALEM – Sebuah kelompok pengawas anti-pemukiman mengatakan pada Senin Israel telah menyetujui pembangunan hampir 2.000 rumah pemukim baru di wilayah Palestina yang diduduki.

Peace Now mengatakan bahwa hampir 800 unit rumah menerima persetujuan akhir yang diperlukan untuk memulai konstruksi. Dikatakan persetujuan awal diberikan untuk tambahan 1.150 rumah.

Lampu hijau diberikan pada hari Minggu dan Senin, dan Peace Now menambahkan bahwa 89 persen rumah baru akan didirikan di “permukiman yang mungkin harus dievakuasi Israel di bawah perjanjian perdamaian dengan Palestina di masa depan”.

Koordinasi Kegiatan Pemerintah di Wilayah, badan militer Israel yang mengawasi urusan sipil di Tepi Barat yang diduduki, tidak segera berkomentar.

Menurut Peace Now, bangunan permukiman telah meningkat pesat di bawah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan sekutunya Presiden AS Donald Trump.

Netanyahu telah berjuang untuk kelangsungan politiknya setelah dituduh melakukan korupsi dan setelah gagal membentuk pemerintah koalisi baru setelah pemilihan bulan April dan September.

Perdana menteri, yang didakwa pada November atas tuduhan suap, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan, kini menghadapi pemilihan umum ketiga pada bulan Maret.

“Meskipun kurang memiliki mandat yang jelas, bagi pemerintah sementara ini urusan seperti biasa – melanjutkan promosi besar-besaran konstruksi berbahaya dan tidak perlu di wilayah yang diduduki dan di tempat-tempat yang harus dievakuasi Israel,” kata Peace Now, dikutip Aljazeera.

“Netanyahu terus menyabot prospek perdamaian, menyeret Israel ke dalam realitas satu negara yang anti-demokrasi yang menyerupai apartheid.”

- Advertisement -