Program UMKM “Snack Olle”, Masyarakat Labuhanbatu Diharapkan Bisa Olah Ikan Lele Jadi Oleh-oleh

26 views
- Advertisement -

LABUHANBATU – Dompet Dhuafa Waspada meresmikan program UMKM berdaya “Snack Olle” atau sebuah jajanan olahan dari bahan dasar ikan lele, pada Rabu (15/1/2020).

Dalam peresmian UMKM tersebut, digelar juga pelatihan secara bergilir selama tiga hari di tiga titik lokasi yang berada di Kabupaten Labuhanbatu, yakni di Kelurahan Ujung Bandar, Desa Tebing Linggahara dan Desa Gunung Selamet.

Halimah Tusa’dyah, selaku Manajer Program Dompet Dhuafa Waspada menjelaskan bahwa melalui program tersebut, masyarakat diharapkan mampu mengoptimalkan produk-produk khas lokalnya.

Misalnya jika selama ini usahanya mungkin jual ikan lelenya, kedepannya diharapkan masyarakat bisa membuat usaha oleh-oleh khas daerah berupa kerupuk, abon atau kue dari ikan lele.

Ia juga menjelaskan bahwa program tersebut akan terus berlanjut dengan melihat keseriusan peserta. “Jadi nantinya pelatihan ada 25 orang peserta dan untuk tiga bulan kedepan kita lihat perkembangannya. Kemudian yang serius hanya 10 orang, maka tidak masalah. Maka 10 orang tersebut akan kita bantu untuk kegiatan usahanya,” ujarnya.

Farida Hanum, salah satu penerima manfaat dari Ujung Bandar menuturkan kalau program tersebut baru pertama kali diadakan di daerahnya. Sehingga membuat dirinya tertarik untuk belajar dan membuka usaha.

“Saya inginnya buka usaha setelah ini, bersama kawan kelompok. Sehingga menambah penghasilan untuk keseharian,” terangnya, dilaporkan Fajar.

- Advertisement -