Waspada! Virus Corona Baru

65 views
Jenis virus corona baru penyebab penyakit pernafasan akut (Severe Accute Respiratory Syndrome -SARS) yang sedang mewabah di Wuhan, China. Seorang meningal, 41 orang terpapar. Menkes RI Terawan Agus Putranto juga sudah menginstruksikan bawahannya untuk mencegah pintu-pintu masuk di pelabuhan dan bandara.
- Advertisement -

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan penduduk terutama di kawasan Asia agar mewaspadai penyebaran virus corona baru penyebab infeksi yang saat ini menjangkiti wilayah Wuhan, China.

Sejauh ini tercatat 41 orang didiagnosa terpapar virus tersebut, seorang diantaranya, pria berusia 69 tahun meninggal, 12 pasien sembuh dan lima lagi masih dirawat di rumah sakit Wuhan.

Belum diketahui penyebab merebaknya kasus pneumonia atau sindrom pernafasan akut (Severe Accute Respiratory Syndrome – SARS) di kota berpenduduk 12 juta orang itu walau dinas kesehatan setempat menduga, pusat penyebarannya berasal dari Pusat Grosir Makanan Hasil Laut Huanan di Wuhan yang sudah dikarantina.

Sedangkan Kepala Urusan Penyakit yang sedang mewabah di WHO, Maria van Kerkhove memperkirakan kemungkinan terjadi penyebaran dari manusia ke manusia antara keluarga secara terbatas, tidak berkelanjutan.

“Dari informasi yang kami dapat, ada kemungkinan di sana terjadi penyebaran dari manusia ke manusia secara terbatas, kemungkinan antara keluarga, tapi tidak ada info tentang penyebaran yang berkelanjutan,” ujar Maria Van Kerkhove, salah seorang kepala pelaksana unit penyakit di WHO.

WHO sendiri telah memberi panduan pada rumah sakit di penjuru dunia tentangpencegahan dan kontrol infeksi jika virus baru menyebar. “Tak ada perawatan khusus untuk virus baru itu tapi anti-virus dapat digunakan,” ungkap Van Kerkhove.

Sementara itu, Menkes Terawan Agus Putranto mengantisipasi masuknya virus corona jenis baru itu dengan memerintahkan penjagaan ketat jalur masuk RI, seperti bandara dan pelabuhan.

Kata “Corona ” berasal dari bahasa latin crown atau mahkota sesuai dengan bentuknya jika dilihat dengan mikroskop, ditandai adanya “Protein S ” berbentuk sepatu, sehingga dinamakan spike protein, yang tersebar disekeliling permukaan virus. Protein tersebut yang berperan penting dalam proses infeksi virus terhadap manusia.

- Advertisement -