F-16 Viper Kawal Angkasa RI

8.558 views
- Advertisement -

Desain Kokpit Canggih
Kokpit F-16 Block 70/72 juga didisain dengan berbasis tampilan terpusat (Display Pedestal Center – DPC) terbaru yang memberikan citra taktis penting bagi pilot berupa layar radar AESA resolusi tinggi.

DPC menampilkan peta situasi udara bergerak yang berwarna, lebih besar dan lebih mudah untuk dikelola. DPC juga kompatibel dengan sistem pencitraan night vision atau penginderaan malam.

Keandalan F-16 Fighting Falcon dalam berbagai palagan sebenarnya (combat proven) sejak penampilannya pada tahun 1980-an tidak diragukan lagi. Sejauh ini, lebih 3.000 unit F-16 dari berbagai seri dan varian digunakan oleh puluhan negara di dunia termasuk RI.

Dalam pertempuran udara (dog fight) di atas Lembah Bekaa, Lebanon pada 9 dan 10 Juni 1982, 40-an pesawat tempur F-14 Tomcat, F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon AU Israel berhasil merontokkan 90 pesawat MiG-21 Fishbed, MiG-23 Flogger dan Sukhoi SU-22 Fitter milik Suriah.

Saat itu, sekitar 200 pesawat tempur Suriah dikirim untuk menghadang pesawat-pesawat Israel yang baru saja berhasil menghancurkan situs-situs peluncur rudal pertahanan udara Suriah yang digelar di Lembah Bekaa.

Kehadiran dua skadron F-16 Viper tentu akan meningkatkan daya pukul dan daya tangkal kekuatan udara RI menghadapi potensi ancaman dari luar. (Berbagai sumber/NS)

- Advertisement -