Hari ke-19 Pasca Banjir Bandang, 2.015 Jiwa di Lebak Masih Mengungsi

28 views
Ilustrasi evakuasi korban banjri lebak banten/ dompet dhuafa
- Advertisement -

LEBAK – Hari ke 19 pasca bencana banjir bandang di Lebak, Banten, jumlah  pengungsi di Lebak masih  2.105 jiwa yang tersebar di Dodiklatpur, Ciuyah, Gedung PGRI Kecamatan Sajira dan Gedung GOR Futsal Lebak Gedong.

Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya di Lebak, Ahad (19/1/2020) mengatakan angka tersebut berkurang dari 5.000 jiwa pengungsi.

Dia menambahkan, bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak termasuk bencana terbesar sepanjang 10 tahun terakhir hingga menimbulkan korban jiwa sebanyak sembilan orang dan dua orang di antaranya belum ditemukan.

Selain itu juga mengakibatkan ribuan rumah warga mengalami rusak berat, ringan dan sedang juga 19 gedung sekolah rusak, 29 jembatan rusak berat dan 18 pesantren rusak berat.

Kerugian material akibat banjir bandang dan longsor mencapai puluhan miliaran rupiah.

Karena itu, pemerintah daerah memperpanjang masa tanggap darurat yang berakhir 14 Januari 2020 menjadi 28 Januari 2020 dengan alasan masih banyak warga korban bencana banjir dan longsor tinggal di pengungsian.

“Kami mengutamakan warga yang tinggal di pengungsian itu terpenuhi kebutuhan makan sehari-hari juga mendapat pengobatan,” katanya menjelaskan.

 

- Advertisement -