Pihak Berseteru di Libya Ogah Berunding

58 views
- Advertisement -

Peta Jalan PBB
PBB sendiri telah merancang peta jalan solusi konflik Libya a.l. melalui rencana pembentukan komite guna menyiapkan pemerintah persatuan nasional dan pemilu masing-masing beranggotakan 14 dari kubu al-Sarraj dan Haftar, dan komite keamanan masing-masing lima orang.

Tumbang dan terbunuhnya Muammar Gaddafi – diktator dan penguasa selama 42 tahun (1969 – 2011) – tidak serta-merta membuat Libya bangkit dari kegelapan, tapi malah terjebak konflik berkepanjangan.

Gaddafi tewas mengenaskan bersama putranya Muhtassim di kampung kelahirannya, Sirte 20 Oktober 2011 setelah ia melarikan diri dari istananya di Tripoli yang diserbu pasukan pemberontak.

Pertempuran GNA dan NLA telah menewaskan ratusan warga sipil dan 2.000 prajurit kedua belah pihak serta membuat puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal.

Opsi langkah politik diambil oleh negara-negara yang berkepentingan di Libya yang mencemaskan konflik berlarut-larut bisa membuat situasi semakin runyam dan menjadikan nasib Libya menjadi “Suriah kedua”.

Namun jika para elite Libya ogah damai demi ambisi kekuasaan masing-masing, campur tangan internasional juga bakal sia-sia, sementara rakyat terus menjadi tumbalnya. (AP/AFP/Reuters/ns)

- Advertisement -