PBB Desak Masyarakat Internasional Ringankan Beban Warga Palestina

37 views
Ilustrasi warga Palestina
- Advertisement -
YERUSALEM – Setelah kunjungan enam hari ke Israel dan wilayah Palestina yang diduduki, Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Wakil Koordinator Bantuan Darurat, Ursula Mueller, meminta masyarakat internasional untuk membantu meringankan tantangan yang dihadapi oleh warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur.

“Kunjungan saya membuat saya khawatir,” kata Mueller. “Tantangan di sini sangat besar, tetapi langkah-langkah positif baru-baru ini, bersama dengan orang-orang luar biasa yang saya temui, memberi saya harapan bahwa ada peluang untuk perbaikan. Kita harus menangkap mereka. ”

Asisten Sekretaris Jenderal adalah pembicara utama pada konferensi internasional keenam tentang kesiapsiagaan dan respons terhadap keadaan darurat dan bencana, yang diadakan di Tel Aviv.

Dia juga bertemu dengan otoritas Palestina dan orang-orang Palestina untuk lebih memahami tantangan krisis.

Dia menegaskan kembali komitmen PBB untuk mengatasi kebutuhan kemanusiaan di seluruh wilayah pendudukan, dan mengadvokasi solusi jangka panjang, termasuk mencabut blokade di Gaza dan rezim perencanaan dan zonasi yang adil, dan kondisi kehidupan yang lebih kondusif di Tepi Barat.

Dilaporkan WAFA, dia mengunjungi Tepi Barat pusat, termasuk Yerusalem Timur, di mana dia bertemu dengan komunitas rentan yang terpapar pada lingkungan paksaan yang mengurangi akses mereka ke tempat penampungan, layanan dasar dan sumber daya alam, menempatkan mereka pada risiko pemindahan paksa.

Di Gaza, ia mengunjungi rumah sakit besar, wanita dan pria yang rentan mendapat manfaat dari dukungan pusat wanita dan pemimpin pemuda, belajar lebih banyak tentang perampasan kehidupan di bawah blokade dan dampak negatif dari perpecahan politik Palestina.

“Sampai ada solusi politik yang layak, sangat penting bahwa masyarakat internasional terus memberikan dukungan secara konsisten dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang Palestina yang paling rentan,” kata Mueller.

“Negara-negara Anggota harus terus mendukung bantuan kemanusiaan di Gaza dan Tepi Barat. Pada saat yang sama, mereka harus bekerja untuk menghidupkan kembali dialog politik yang kuat dan mempromosikan solusi jangka panjang, untuk mengatasi akar penyebab krisis ini. “
- Advertisement -