WHO Akan Adakan Pertemuan Bahas Penyebaran Virus Corona

24 views
Ilustrasi pemeriksaan virus di bandara/Ist
- Advertisement -

NEW YORK – Organisasi Kesehatan Sedunia atau WHO mengatakan,  mendesak negara-negara menjalankan usaha pencegahan menyebarnya virus corona lewat fasilitas-fasilitas kesehatan.

Rencananya, WHO akan mengadakan pertemuan darurat hari ini, Rabu (22/1/2020) untuk menentukan apakah virus corona itu bisa dinyatakan sebagai Ancaman Darurat Kesehatan Publik.

Juru bicara WHO Tarek Jasarevic, mengatakan tidak banyak yang diketahui tentang virus corona itu, termasuk bagaimana virus itu menyebar, dan tingkat kegawatannya.

“Berdasarkan informasi yang ada, sumber penyakit itu kemungkinan berasal dari hewan. Penyebaran dari manusia ke manusia tampaknya masih terbatas. Berdasarkan pengalaman tentang penyakit radang pernapasan, khususnya perebakan yang disebabkan virus corona sebelum ini, dan data yang kami miliki, telah terjadi perebakan dari manusia ke manusia,” ujarnya, dikutip VOA.

Menurut Jasarevic, penyebaran antar-manusia tampaknya masih terbatas, dan hanya terjadi antara orang-orang yang dekat dengan penderita.

Virus corona itu ditemukan akhir tahun lalu di sebuah pasar ikan di Wuhan. WHO mengatakan, virus itu meluas dengan cepat dan lebih banyak penderita kemungkinan akan dilaporkan dari berbagai bagian China dan negara lain dalam hari-hari mendatang.

- Advertisement -