Rencana Perdamaian Timur Tengah Akan Diumumkan, Trump Undang Netanyahu dan Gantz ke Gedung Putih

87 views
- Advertisement -
WASHIGTON – Presiden AS Donald Trump mengundang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan rival politiknya ke Washington minggu depan.
Gedung Putih mengatakan rencana tersebut pada Kamis,  di tengah laporan bahwa rencana perdamaian Trump akan segera terungkap.

Jurubicara Stephanie Grisham mengatakan Trump akan menjamu Netanyahu dan Benny Gantz di Gedung Putih pada 28 Januari mendatang.

Pengumuman itu dikeluarkan beberapa menit setelah Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan di Israel bahwa Trump mengundang para pemimpin politik Israel untuk membahas “prospek perdamaian di sini di Tanah Suci.”

Laporan media Israel sebelumnya Kamis mengatakan pemerintah Trump sedang mempersiapkan untuk meluncurkan “kesepakatan abad ini” rencana perdamaian Palestina-Israel minggu depan.

Gedung Putih belum mengumumkan undangan apa pun kepada pejabat Palestina, yang hubungan mereka membeku sejak Trump memutuskan untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember 2017.

Channel 12 Israel mengatakan rencana Trump akan mengakui kedaulatan Israel atas hampir semua pemukiman di Tepi Barat yang diduduki, yang ilegal menurut hukum internasional.

Itu akan secara efektif memindahkan perbatasan Israel yang diakui AS lebih jauh ke timur ke wilayah Palestina, dan kedaulatan Israel akan diakui atas seluruh Yerusalem, yang Palestina cari sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Rencana itu juga akan mengakui negara Palestina yang didemiliterisasi di kemudian hari dilaporkan, tetapi para pejabat Palestina sangat tidak mungkin menerima rencana itu, yang menurut Channel 12 juga akan menuntut perlucutan senjata Hamas dan pengakuan Palestina atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Trump menjauhkan diri dan pemerintahannya dari laporan-laporan itu, mengatakan di Twitter tak lama setelah undangannya diumumkan, “Laporan tentang perincian dan waktu rencana perdamaian kita yang dipegang erat adalah murni spekulatif.”

- Advertisement -