PBB: Evakuasi Pasien-pasien di Yaman ke Yordania Masih Berlanjut

44 views
Ilustrasi Seorang anak yang terluka dibopong orang tuanya di balk reruntuhan gedung-gedung di sebuah tempat di Yaman. Paling tidak 5.000 anak-anak tewas sejak berkecamuknya perang di Yaman pada pada 20015.
- Advertisement -

YAMAN – Evakuasi pasien Yaman dari daerah-daerah yang dikuasai pemberontak masih terus dilakukan sejak 3 Februari 2020 lalu dimulai.

Badan Kesehatan PBB mengatakan pesawat kedua yang membawa 24 pasien lepas landas dari Sanaa, Ibu Kota Yaman menuju Ibu Kota Yordania Pada Sabtu (8/2/2020).

Evakuasi ini menjadi terobosan kemanusiaan dalam konflik lebih dari 5 tahun di negara termiskin di dunia Arab. Konflik dimulai dengan pengambilalihan Sanaa pada 2014 oleh pemberontak Houthi, yang menguasai sebagian besar utara Yaman.

Koalisi militer yang dipimpin Saudi yang bersekutu dengan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional, telah memerangi Houthi yang didukung Iran sejak 2015. Koalisi yang didukung AS menutup wilayah udara dan mencegah setiap penerbangan dari Sanaa, mulai Agustus 2016.

Kantor berita Associated Press melaporkan November lalu, bahwa Arab Saudi dan Houthi mengadakan pembicaraan tidak langsung di belakang layar untuk mengakhiri perang yang ditengahi oleh Oman.

Pembicaraan berfokus pada perjanjian sementara, seperti pembukaan kembali bandara internasional utama Yaman di Sanaa, yang ditutup oleh koalisi yang dipimpin Saudi pada tahun 2016.

- Advertisement -