Turki Balas Serangan Suriah yang Tewaskan Lima Tentaranya

492 views
Ilustrasi Militer Turki di Afrin yang berjaga menumpas pasukan Kurdi di Suriah/ AA
- Advertisement -
SURIAH – Sebuah serangan pasukan pemerintah Suriah menewaskan lima tentara Turki di barat laut Suriah pada hari Senin, dan mengancam eskalasi lebih lanjut di wilayah tersebut.

Pejabat pertahanan Turki mengatakan lima tentara lainnya terluka dalam penembakan “intens” di Taftanaz di provinsi barat laut Idlib, markas terakhir yang dikuasai pemberontak di Suriah.

Turki segera merespons dan “menetralisir” lebih dari 100 target musuh, kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan.

“Sebuah serangan keji terjadi hari ini di Idlib, di mana militer kami melayani, sesuai dengan hak-hak kami di bawah hukum internasional, untuk mengakhiri kekerasan dan mengurangi krisis kemanusiaan,” ungkap Fahrettin Altun, direktur komunikasi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dilansir Aljazeera.

“Turki membalas serangan itu untuk menghancurkan semua target musuh dan membalas pasukan kita yang jatuh. Penjahat perang, yang memerintahkan serangan keji hari ini, menargetkan seluruh komunitas internasional, bukan hanya Turki.”

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu berkomentar bahwa Ankara telah “menanggapi para pengecut”, menambahkan: “Tentara kita yang mulia akan terus melakukan apa yang diperlukan.”

Pekan lalu, delapan personil militer Turki tewas dalam serangan serupa di Saraqeb, selatan Taftanaz. Tanggapan Turki pada saat itu menewaskan sedikitnya 13 tentara Suriah mati.
Seorang pejuang pemberontak Suriah menembakkan roket dari peluncur yang dipasang dari jarak jauh di sebuah posisi di pedesaan Idlib menuju posisi pasukan rezim di pedesaan selatan pro Aleppo Suriah

- Advertisement -