Instalasi Pemanen Air Hujan Buat Warga Pesisir Dusun Pandansari Berhemat

31 views
- Advertisement -

BREBES – Wilayah pesisir di Dusun Pandansari, Desa Kaliwingi, Brebes, Jawa Tengah, memiliki masalah mengenai ketersediaan air bersih, karea air yang biasa mereka pakai, masih terasa asin atau payau.

Karenanya, mereka memilih membeli air dari luar karena airnya tidak layak kosumsi.  “Air di sini memang seperti ini, sedikit payau tidak apa lah,” terang Wahyudin, salah satu warga sekaligus aktivis mangrove di desa tersebut.

Dompet Dhuafa melalui Prakarsa Berkelanjutan melakukan intervensi berupa instalasi Pemanen Air Hujan (PAH). Sebuah intalasi penampungan air hujan dengan melewati setidaknya 4 proses filterisasi.

Dengan air tersebut, warga tidak perlu lagi membeli air di musim penghujan. Ditempatkan di tiga titik di desa tersebut, warga bisa menghemat lebih banyak air bersih, setidaknya selama setengah tahun.

“Alhamdulillah, yang ini sudah jadi mas. Airnya segar sekali. Belum pernah saya rasa air yang sesegar ini,” terang Wahyudin, yang kali ini menunjukan salah satu instalasi yang telah selesai dipasang di sebuah masjid di Dusun Pandansari, dilansir dompetdhaufa.org.

Kini warga bisa menghemat selama enam bulan lamanya dan selama musim hujan, warga tidak perlu lagu membeli air bersih. Uang yang biasa mereka pakai untuk kebutuhan air, bisa ditabung untuk kebutuhan air di musim kemarau.

“Konsepnya itu memang memanfaatkan air hujan. Dengan begitu, warga tidak perlu lagi membeli air selama musim hujan. Uang yang mereka biasa belanjakan air, kini bisa ditabung untuk kebutuhan di musim kemarau,” terang Syamsul Ardiansyah, selaku Manager Lingkungan Dompet Dhuafa.

- Advertisement -