Trump dan Erdogan Bicarakan Rusia Harus Hentikan Dukung Pemerintah Suriah

182 views
- Advertisement -
WASHINGTON DC – Presiden AS Donald Trump mendesak Rusia untuk menghentikan dukungannya terhadap pemerintah Suriah, karena pertempuran terus terjadi di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih pada hari Minggu, Wakil Sekretaris Pers Judd Deere mengatakan Trump mengatakan hal tersebut dalam pembicaraan di telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Trump menyatakan keprihatinan atas kekerasan di Idlib, Suriah dan berterima kasih kepada Erdogan atas upaya Turki untuk mencegah bencana kemanusiaan,” kata Deere, dilansir Aljazeera.

Militer Suriah mengumumkan pada hari Senin pasukannya mendapatkan kembali kendali atas wilayah di Suriah barat laut “dalam waktu singkat”, bersumpah untuk terus mengejar kelompok-kelompok bersenjata “di mana pun mereka berada”.

Pengumuman itu dikeluarkan beberapa jam setelah pasukan mengkonsolidasikan cengkeraman pemerintah atas provinsi utama Aleppo, menangkap lebih dari 30 desa dan dusun di pedesaan barat dalam satu hari dan mengamankan ibukota provinsi yang selama bertahun-tahun tetap berada dalam jangkauan tembakan oposisi.

Menteri luar negeri Turki, sementara itu, menekan mitranya dari Rusia atas serangan Damaskus terhadap benteng yang dikuasai pemberontak terakhir di negara itu.

Didukung oleh kekuatan udara Rusia, pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad membuat keuntungan yang signifikan pada hari Minggu ketika mereka mengintensifkan serangan terhadap provinsi Idlib yang berada di barat laut.

- Advertisement -