RST Ajak Masyarakat Kenali Gejala Serangan Jantung

71 views

 

PARUNG – Penyakit jantung tengah ramai diperbincangkan di dunia maya. Namun tahukah anda mengapa kita bisa terkena serangan jantung? Menurut dokter spesialis penyakit dalam RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST) dr.Bambang Agustian, Sp.PD serangan jantung dapat disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah koroner jantung oleh berbagai sebab. Serangan jantung masuk ke dalam kategori kegawatdaruratan.

“Apabila mendapati seseorang dengan tanda-tanda tersebut segera bawa ke rumah sakit. Karena semakin cepat ditangani maka akan semakin baik angka keberhasilannya,” ucap Bambang di RST (21/2).

Bambang menambahkan serangan jantung berlangsung begitu cepat, ditandai dengan dada terasa berat atau tertekan di daerah belakang tulang dada. Lalu menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, bahu, atau ulu hati. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2019, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1000 orang atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Untuk keterangan dan info lebih lanjut tentang kesehatan mari kita konsultasikan ke dokter terdekat atau ke Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.