Perjalanan Ustad Abdul Somad Bersama Tim Tolong Talang Mencari Solusi untuk Suku Talang Mamak

293 views
- Advertisement -

TALANG MAMAK – Ustad Abdul Somad dan Rombongan Tolong Talang 2020  menyusuri Dusun Lemang, Air Bomban, Sadan, dan Suit selama 18-21 Februari 2020, untuk mengetahui masalah utama masyarakat disana.

Program “Tolong Talang 2020” diikuti oleh Dompet Dhuafa, LAZIS DDII, YBM PLN, Baznas Provinsi Riau, Komunitas My Trip My Dakwah, FPI, Yayasan Muara, dan Sahabat UAS. Semua lembaga berkontribusi dalam bentuk bantuan bahan sembako, biji holtikultura, alat kebersihan dan kesehatan, sunatan massal, buku Iqra’, dan layanan kesehatan gratis.

Perjalanan dimulai dari Pekanbaru setelah Subuh hari Selasa, 18 Februari 2020 menuju Pangkalan Kerinci untuk Tabligh Akbar penggalangan dana Tolong Talang 2020, lalu dilanjutkan Tabligh Akbar di Pematang Rebah dan berakhir di Belilas. Setelah itu UAS meluncur menuju Seberida dilanjut ke Dusun Lemang Desa Rantau Langsat, area yang masih bisa dijangkau dengan perjalanan darat.

Di Masjid Al-Muhajirin Dusun Air Bomban pada malam hari, setelah Magrib sampai Isya, UAS mengajar anak-anak mengaji. Dan setelah Subuh UAS menyampaikan tausiyah dengan metode tadabbur ayat al-Qur’an.

Dalam Tausiyah setelah Subuh hari Kamis UAS menekankan agar semua lembaga dan person yang menjadi peserta Tolong Talang 2020 agar selalu solid dalam menolong Suku Talang dengan landasan takwa dan berserah diri kepada Allah. Jangan bercerai dan bergerak sendiri-sendiri. Kita akan lemah. Kerja tak selesai.

Pagi hari UAS menyertai anak-anak dari Air Bomban berjalan kaki ke sekolah mereka di Dusun Sadan. UAS dan rombongan berjalan selama sekitar 1 jam. Dalam perjalanan, UAS harus menyeberang sungai, mendaki dan menuruni bukit. Badan UAS bercucuran keringat. Bahkan kaki dan pusar UAS ditempeli ‘pacet’. Darah mengalir. UAS hanya senyum melepas pacet yang sudah sangat gemuk setelah menyedot darah di telapak kakinya.

- Advertisement -