Banjir Rendam Lima Kecamatan di Musi Banyuasin

36 views
Ilustrasi banjir
- Advertisement -

BANYUASIN – Banjir merendam sebanyak lima kecamatan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan akibat meluapnya air Sungai Musi.

Beberapa kecamatan yang hingga saat ini sudah terkena banjir, yakni Kecamatan Lais, Sanga Desa, Batang Hari Leko, Keluang, Sekayu dan Babat Supat.

”Banjir tahunan diakibatkan karena posisi Muba yang rendah dan berada di bantaran sungai. Air yang berada dari hulu (Empat Lawang/Musi Rawas) akan mengalir ke hilir yakni ke Muba,” kata  Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba Yudi Herzandi.

Ia mengatakan meningkatnya intensitas hujan di Kabupaten Muba ini menyebabkan air sungai naik sehingga terjadinya banjir di pemukiman masyarakat terutama pemukiman di pinggiran sungai.

Untuk itu, Yudi mengatakan pemkab telah mengimbau Camat, Danramil dan Kapolsek di wilayah Kabupaten Muba agar dapat berkolaborasi dan bersinergi.

Kerja sama ini untuk meningkatkan kinerja dalam mengatasi dampak banjir yang terjadi di wilayah kerja masing-masing.

“Untuk masyarakat kami minta mendengar arahan dari pemerintahan desa maupun kecamatan terkait bencana banjir yang tengah dihadapi,” kata dia.

Sebagai upaya meminimalisir dampak banjir, pihaknya pun meminta agar semua pihak melakukan jumat bersih bergotong-royong membersihkan lingkungan di wilayah masing-masing.

 

- Advertisement -