Dinkes DKI Tegaskan Tidak Ada Pasien Positif Corona di Jakarta

45 views
Ilustrasi pemeriksaan virus corona/ tempo.co

JAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta membantah  virus corona (Covid-19) telah masuk ke ibu kota.

Sebelumnya  beredar informasi melalui sebuah foto paparan materi Dinas Kesehatan yang tidak dijelaskan secara utuh.

“Pada slide tersebut yang dimaksudkan dengan ‘kasus Covid-19’ adalah menunjukkan pasien dengan dugaan awal Covid-19, karena memiliki gejala dan riwayat perjalanan dari negara terjangkit,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti melalui keterangan resmi, Sabtu (29/2/2020).

Ia menegaskan bahwa hingga saat ini, hasil pemeriksaan sampel yang dilakukan oleh Litbangkes Kementerian Kesehatan RI telah menyatakan tidak terdapat pasien terjangkit virus corona di DKI Jakarta.

Dia mengatakan setidaknya terdapat 115 orang yang sedang dalam proses pemantauan kesehatan, dan 32 pasien lain dalam pengawasan. Pasien itu tersebar di 5 wilayah Kota Administrasi di Jakarta dan luar Jakarta.

Widyastuti menuturkan pengawasan itu berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE).

“Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan instansi terkait dalam melaksanakan pengawasan dan pemantauan,” jelas dia.

Ia pun meminta agar masyarakat tidak mudah mempercayai informasi dan pemberitaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Menurutnya masyarakat perlu melakukan konfirmasi terhadap informasi yang diterima.

“Informasi lebih lanjut terkait COVID-19 dapat menghubungi Call Center Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di nomor 081388376955,” kata dia.