Edukasi Sekolah Sahabat Alam Cegah Penularan COVID-19

95 views
Ilustrasi

 

PARUNG – Hari ini RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST) sapa Sekolah Sahabat Alam Parung, Bogor, Jawa Barat dengan memberikan edukasi tata cara pencegahan COVID-19. Dr Intan Dwi Putri selaku pemapar materi mengatakan, sangat tepat memilih sekolah sebagai lokasi sosialisasi mengingat sekolah merupakan tempat peserta didik menimba ilmu, terlebih di Sekolah Sahabat Alam terdapat puluhan anak-anak yang berhak mendapat bimbingan.

Ada pun edukasi yang diberikan sebagai langkah pencegahan COVID-19 adalah penerapan pola hidup sehat, enam langkah cuci tangan yang dianjurkan WHO, etika batuk dan pemenuhan gizi.

Untuk 6 langkah cuci tangan, pertama usap telapak lalu diteruskan dengan mencuci punggung telapak tangan. Langkah ke tiga usap sela-sela jari. Langkah selanjutnya posisikan tangan dengan gerakan mengunci. Ke lima usap ibu jari dengan cara memutar, langkah ini di akhiri dengan memutar ujung jari di atas telapak tangan.

“Peserta didik di sini antusiasnya tinggi dan alhamdulilah semua materi yang diberikan bisa diterima,” ujar Intan (12/3).

Kepala Sekolah Sahabat Alam Badrus Salam mengatakan, semua materi yang dipaparkan sangat bermanfaat bagi penerapan pola hidup sehat peserta didik. Menurut Badrus mulai dari materi cuci tangan hingga etika batuk, semuanya dibawakan dengan baik dan mudah diterima.

“Alhamdulilah kami kembali berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa khususnya RST. Semoga peserta didik bisa menerapkan materi yang diberikan,” jelas Badrus.

RST melalui PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) terus menggalakan promosi dan edukasi kepada seluruh masyarakat.