PBB Ingatkan Jutaan Orang Bisa Meninggal Jika Negara Abai Terhadap Virus

3.695 views
Sekjend PBB Antonio Guteres. Foto: Anadolu Agency

JENEWA – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengingatkan jutaan orang akan mati jika pemerintah tidak meningkatkan upaya untuk mengendalikan penyebaran virus korona baru dan mengoordinasikan respon dengan serius.

“Kami berada dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan aturan normal tidak lagi berlaku,” kata Guterres.

“Kita tidak dapat menggunakan alat yang biasa dalam masa yang tidak biasa ini. Kreativitas respons harus sesuai dengan sifat unik krisis, dan besarnya respons harus sesuai dengan skalanya. Dunia kita menghadapi musuh bersama. Kita sedang berperang dengan sebuah virus.”

Jika virus dibiarkan menyebar “seperti api,” kata Guterres, jutaan orang akan terbunuh, terutama mereka yang berada di komunitas paling rentan.

“Kita perlu segera beralih dari situasi di mana masing-masing negara melakukan strateginya sendiri ke situasi yang memastikan, dalam transparansi penuh, respons global terkoordinasi, termasuk membantu negara-negara yang kurang siap menghadapi krisis. Pemerintah harus memberikan dukungan terkuat untuk upaya multilateral untuk melawan virus yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia yang permohonannya harus dipenuhi sepenuhnya. ”

Guterres secara khusus meminta negara-negara G20 untuk memimpin dan memperingatkan bahwa resesi global yang disebabkan oleh pandemi ini “hampir pasti”.

Ada lebih dari 235.000 infeksi coronavirus yang dikonfirmasi di seluruh dunia, termasuk 9.785 kematian, menurut data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland, demikian Anadolu.