Corona dan Paranormal

532 views
Di mata paranormal, pohon beringin nan teduh ini bisa saja dianggap jadi tempat tinggal lelembut alias makhluk halus.

BEKERJA  di luar akal sehat dan nalar, itulah paranormal! Tapi ironisnya banyak yang percaya sampai mau keluar uang berjut-jut untuk membeli “kehebatan” tersebut. Maka ketika terjadi wabah Corona yang mendunia sekarang ini, kalangan paranormal pun ambil bagian. Di Pemkab Belitung Provinsi Bangka Belitung dan di Surabaya, paranormal mencoba berpartisipasi untuk menghalau virus mematikan itu. Di Belitung sudah berjalan, tapi Ki Sabdo Jagad Royo tak digubris Walikota Tri Rismaharini, Gubernur Khofifah bahkan Presiden Jokowi.

Normal itu barang lumrah, lazim dan memang seperti itu. Maka sesuatu yang tidak lazim, tidak lumrah, disebut abnormal. Celakanya, sebutan abnormal juga ditabalkan kepada orang gila atau kenthir istilahnya orang Yogya-Solo. Maka orang lebih senang dipanggil paranormal ketimbang disebut abnormal.

Apa pula itu paranormal? Dalam bahasa Yunani, para itu mengandung makna di luar. Maka paranormal bisa diartikan: di luar normal. Dan dukun kebatinan disebut paranormal karena pekerjaan mereka di luar kenormalan. Sekaligus istilah ini meningkatkan prestise bagi mereka, karena mereka lebih senang disebut paranormal ketimbang dukun. Sama halnya pembantu, dia akan lebih terhormat dipanggil asisten rumahtangga.

Paranormal memang punya penglihatan, tepatnya penerawangan, di luar manusia pada umumnya. Orang lumrah melihat pohon beringin itu biasa saja, jika ada yang menganggap istimewa tentunya hanya orang-orang Golkar saja, karena itu jadi lambang partainya. Sebagian dari mereka, karena begitu loyalnya pada “pohon beringin” bisa duduk di Senayan dengan segala fasilitasnya.

Tapi bagi kalangan paranormal, di balik pohon beringin itu bisa saja terlihat ada yang mbahureksa (penghuninya), jin setan peri prayangan atau makhluk halus. Bagi mereka yang percaya, hal ini akan dimanfaatkan, bahkan bisa juga untuk mencari uang. “Anak sampeyan sakit melulu, itu karena diganggu jin penunggu di pohon beringin itu.” kata sang paranormal.