Cordofa Talk: Antara Kita, Islam, dan Corona

81 views

kbknews.id, Jakarta – Ramadhan sudah di depan mata, namun wabah Covid-19 belum jua reda. Pertambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia, tak ayal membuat masyarakat kian resah. Banyaknya informasi yang datang bergulir silih berganti, membuat kepanikan seolah tak dapat dihindari. Tak hanya itu, pertanyaan-pertanyaan di beberapa ruang obrolan masyarakat berujung menjadi perdebatan saat berbicara tentang pandangan Islam terhadap kondisi hari ini serta tata laksana ibadah bagi umat Islam di tengah wabah.

Melihat kondisi ini, maka Cordofa berinisiatif untuk menyelenggarakan Cordofa Talk dengan tema: “Antara Kita, Islam dan Corona” yang menghadirkan tokoh publik yang merupakan expertise di bidangnya masing-masing.

Dari sisi medis, dr. Yenni Purnamasari selaku Ketua Satgas Covid-19 Dompet Dhuafa akan berbagi tentang kondisi terkini Covid-19 di Indonesia dan kesiapan Indonesia menghadapi wabah ini. Tak lupa, dr.Yenni juga akan sharing terkait Do and Don’t yang perlu diperhatikan masyarakat selama terjadinya wabah.

Bapak Duta Besar Umar Hadi selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea akan memberikan edukasi kepada publik tentang upaya pemerintah dan partisipasi masyarakat Korea Selatan dalam menangani Covid-19.

Selanjutnya, Ustadz Yendri Junaedi, Lc, MA akan berbagi terkait pandagan Islam dalam menghadapi wabah covid-19 dan tuntunan ibadah yang dapat dilakukan selama merebaknya wabah.

Kolaborasi antara tiga orang tokoh publik ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan informasi yang komprehensif kepada masyarakat baik dari sisi medis maupun syariah. Selain itu melalu Cordofa Talk ini masyarakat diharapkan dapat mengambil pelajaran dari apa yang telah dilakukan oleh pemerintah, dan terutama sikap dan partisipasi masyarakat di negeri ginseng tersebut hingga sukses mengendalikan wabah Covid-19 di negaranya.