Mengenali Kecemasan dan Serangan Panik serta Pengelolaannya

130 views
Cemas (Ilustrasi: Kompas)

OLEH : Oktina Burlianti, M.Si., Psikolog (Volunteer Spesialist Dompet Dhuafa)

Apakah Kecemasan?

  • Adalah kata yang kita gunakan untuk menggambarkan perasaan tidak mudah, khawatir, sekaligus takut.
  • Kondisi-kondisi itu melibatkan baik emosi maupun sensasi fisik pada saat perasaan tersebut muncul
  • Respon alami manusia ketika menghadapi ancaman (respon biologis: ”lari” atau ”lawan”)

Munculnya rasa cemas karena harus berhadapan dengan situasi atau keadaan yang dianggap dapat menimbulkan stres adalah hal yang normal (contoh: menghadapi ujian, memiliki teman yang menghadapi musibah, wawancara kerja, pergi jauh dari rumah, akan menikah, atau akan bercerai, dlsbg)

Untuk periode yang singkat Anda mungkin akan mengalami susah tidur, makan atau berkonsentrasi. Lalu biasanya, setelah waktu yang singkat atau ketika situasinya sudah berlalu, perasaan khawatir itu lenyap.

Kapan Kecemasan Disebut Sebagai Gangguan?

Karena kecemasan adalah pengalaman wajar manusia, merupakan hal yang sulit untuk mengetahui kapan hal tersebut menjadi masalah bagi Anda – akan tetapi jika perasaan cemas itu sangat kuat, atau berlangsung dalam waktu yang lama, kondisi semacam itu dapat menguasai kita.

Jika perasaan cemas menetap atau memburuk hingga akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari, kondisi tersebut dapat dikatakan sebagai gangguan kecemasan (anxiety disorder).

Contoh: Merasa khawatir sepanjang hari terhadap hal-hal yang umum dalam kehidupan; cemas terhadap hal-hal yang sepertinya tidak akan terjadi, atau cemas akan kecemasan itu sendiri (mengira2 kapan lagi akan muncul)

Karena kecemasan adalah pengalaman wajar manusia, merupakan hal yang sulit untuk mengetahui kapan hal tersebut menjadi masalah bagi Anda – akan tetapi jika perasaan cemas itu sangat kuat, atau berlangsung dalam waktu yang lama, kondisi semacam itu dapat menguasai kita.