Setelah Dirawat di ICU, Kondisi PM Inggris Mulai Membaik

11 views
PM Inggris Boris Johnson / AA

INGGRIS – Setelah melewati masa darurat dann berada dalam perawatan intensif, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sekarang kondisinya membaik.

Johnson sempat dipindahkan ke perawatan intensif setelah situasinya memburuk dengan gejala coronavirus yang persisten.

“Perdana menteri telah stabil dalam semalam dan tetap bersemangat,” kata juru bicara Johnson pada konferensi pers. “Dia menerima perawatan oksigen standar dan pernapasan tanpa bantuan lain. Ia tidak memerlukan ventilasi mekanik atau bantuan pernapasan non-invasif.”

“Kami yakin bahwa perdana menteri menerima perawatan terbaik dari layanan kesehatan. Setiap perawatan yang diterimanya adalah masalah bagi dokternya. ”

Berbicara kepada BBC Selasa pagi, Kanselir Menteri Keuangan Michael Gove mengatakan situasi Johnson telah memburuk pada hari Minggu setelah ia dibawa ke rumah sakit untuk serangkaian tes.

“Saran medisnya adalah dia harus dipindahkan ke perawatan intensif sekitar pukul tujuh malam tadi,” kata Gove. “Tepat setelah itu, Kabinet diberi tahu tetapi Sekretaris Kabinet mengadakan panggilan telepon untuk menjelaskan situasinya kepada kami.”

“Tim di [Rumah Sakit] St. Thomas adalah di antara beberapa dokter terbaik di negara ini. Para dokter akan membuat keputusan medis yang tepat, dan mereka mendapat dukungan penuh dari kami dalam pekerjaan luar biasa penting yang mereka lakukan. ”

Ditanya apakah perdana menteri menderita radang paru-paru pada tahap ini, Gove mengatakan dia tidak mengetahui hal itu.

“Jika ada perubahan dalam kondisinya, Nomor 10 akan memastikan bahwa negara tersebut diperbarui,” tambahnya, merujuk pada kediaman ikon utama perdana menteri di Downing Street.

Johnson dinyatakan positif virus korona 11 hari lalu dan tetap dalam isolasi diri selama tujuh hari sesuai dengan pedoman pemerintah.

Dalam sebuah video Jumat lalu, dia mengatakan dia merasa lebih baik meskipun merasakan demam tinggi, dan pada hari Minggu dia dibawa ke rumah sakit untuk tes lebih lanjut, kemudian Senin masuk ICU.