Corona-Lockdown Pak Ndul

283 views
Syuting dengan latar kumuh sambil nglekor, ciri khas Pak Ndul.

HARI-hari belakangan ini bertebaran lawakan ala Youtuber yang sangat jenaka melebihi Srimulat atau Cak Lontong dan Marwoto sekalipun. Bila pelawak pada umumnya sengaja clelekan full untuk menguras tawa penonton dan netizen, tapi lawakan sosok satu ini sungguh lain dari yang lain.  Dalam kondisi serius pun bisa menciptakan humor-humor segar diramu bahasa Inggris yang sengaja dipating-pecothotkan dengan istilah teknologi, kimia, biologi, kedokteran  dan lain sebagainya. Tampilan layar dan property yang sangat sederhana, ditambah sosok sang Youtuber sok keminter tapi juga sok bloon, menjadikan lawakan dia lebih menonjol. Itulah Pak Ndul, Youtuber kocak dari Madiun, Jawa Timur.

Dengan rumah kumuh dinding bambu atau papan, kebon atau pekarangan yang njembrung tak terurus; begitulah  selalu latar channel Waton Guyon (Wagu) milik Pak Ndul. Sang Youtuber sendiri juga tampil seadanya, kepala sengaja digunduli, baju kaos lengan pendek, celana kombor cingkrang meski bukan dari kelompok kadal gurun; Pak Ndul bisa dan biasa duduk nglekor (tanpa alas) di tanah. Dari sinilah kemudian Youtuber bernama asli Agung Sukoco itu mulai meluncurkan joke-joke-nya yang konyol lewat mimik wajahnya yang kadang memelas kadang seperti orang kenthir. Tapi dalam tampilan seperti itulah, dia banyak digemari warganet. Salah satu videonya sempat dilihat oleh 6 juta penonton.

Wabah Corona yang sedang membumi –karena berjangkit hampir di seluruh muka bumi– menurut Pak Ndul harus dilihat dari terminalogi kata Corona itu sendiri. Co, itu asal kata dari corona yang berarti mahkota.  Ro, juga berasal dari kata corona yang berarti mahkota juga. Dan Na, adalah nas atau Chinas, karena wabah itu memang awal muawalnya dari negeri China (Wuhan).