Kiat Mengasuh Anak Saat Wabah Corona

31 views
Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA – Biasanya anak leluasa bermain di luar rumah dan bertemu teman-temannya. Namun di tengah pandemi Covid-19 ini tidak demikian. Mereka lebih banyak di rumah bersama orang tuanya.

Kebiasaan baru ini dapat menimbulkan kecemasan dan stres, sehingga orangtua harus bekerja lebih keras untuk membuat anak merasa aman dan nyaman.

Spesialis psikolog anak dari SOS Children’s Villages International, Teresa Ngigi, menegaskan bahwa orangtua harus membahagiakan diri sendiri terlebih dahulu sebelum mengurus dan membahagiakan anak.

“Emosi dapat lebih menular daripada virus corona. orangtua yang bahagia dapat membuat anak-anak mereka bahagia juga. Jaga diri dan perhatikan kesehatan pikiran sendiri terlebih dahulu, dengan begitu, anak-anak juga akan baik-baik saja,” kata Teresa, Selasa (28/4/2020)

Teresa memberikan beberapa kiat untuk orangtua dalam mengasuh anak selama pandemi COVID-19.

1. Pastikan kebahagiaan diri sendiri
orangtua seringkali terlalu fokus merawat anak sehingga kerap melupakan diri sendiri. Padahal, semakin orangtua bahagia dan terlepas dari stres, kebahagiaan itu juga akan menular ke anak-anak. orangtua dapat melakukan aktivitas positif yang membuat mereka bahagia untuk memulai hari.

2. Tetap tenang dan jangan menyebarkan hal negatif
Emosi tidak memiliki batas. Sama seperti virus, emosi juga dapat menyebar. Contohnya, ketika membagikan ketakutan, kepanikan, prasangka, dan hal-hal negatif di media sosial, orang yang jauh pun dapat terpengaruh serta ikut takut dan panik hanya dengan melihat atau membaca hal-hal negatif yang dibagikan tersebut—dan itu tidak membantu melewati masa sulit ini.

3. Biarkan anak-anak membuat keputusan sendiri
Duduk bersama anak, jelaskan apa yang sedang terjadi, bagaimana perkembangan virus corona di luar sana, kemudian tanyakan pendapat mereka apa yang menurut mereka perlu dilakukan. Dari jawaban anak, orangtua biasanya akan menemukan masukan dan ide-ide baru.