DMC Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan Penyintas Longsor di Kecamatan Gunung Putri

39 views

BOGOR – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menyalurkan bantuan kepada penyintas longsor di Kp Gunung Putri Selatan RT 04/05 RW 07, Gunung Putri, Bogor, hari ini (29/5). Bantuan yang diberikan kepada 20 kepala keluarga (KK) terdampat tersebut terdiri atas sembako, perlengkapan ibadah, perlengkapan kebersihan, selimut, masker, serta minuman kesehatan.

“Para penyintas di kampung ini merupakan korban longsor yang terjadi secara bertahap di tepi Sungai Cileungsi awal tahun 2020. Tercatat ada 15 KK yang terdampak dengan rincian 59 jiwa. Alhamdulillah hari ini bisa kita bantu pemenuhan kebutuhan pokok mereka,” demikian dikatakan Barqu Syudjai, Penanggung Jawab Tim Penyalur Logistik Bantuan.

Ia terangkan saat ini daerah tersebut masih sering disinggahi hujan lebat. Selain itu warga yang kehilangan tempat tinggal karena longsor kini mengontrak di tempat yang lebih aman. Sebab situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, para penyintas tersebut kesulitan membayar biaya sewa kontrakan hingga mereka harus membuka donasi untuk membantu biaya sewa untuk enam bulan ke depan seraya menunggu penggantian relokasi dari pemerintah.

“Adapun rincian jumlah rumah warga yang terdampak yakni sebanyak sembilan rumah mengalami amblas dan empat lainnya berpotensi amblas. Tadi harapan warga sudah disampaikan yakni adanya bantuan untuk biaya sewa kontrakan dan sembako,” tutup Barqu.