Dibawa Hadiri Hajatan, Bayi Satu Bulan di Cirebon Positif Corona

52 views
Ilustrasi Foto:FoxNews

CIREBON – Bayi perempuan berusia 50 hari di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, positif terinfeksi virus corona (Covid-19) usai dibawa orang tuanya menghadiri acara hajatan.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan mengatakan bahwa bayi perempuan tersebut dibawa orang tuanya menghadiri suatu hajatan. Ada sejumlah orang yang hadir. Termasuk pamannya yang datang daerah wilayah penularan virus corona.

Setelah itu, bayi malang itu mengalami gejala klinis seperti demam, batuk serta diare. Kedua orang tuanya lalu membawa ke rumah sakit untuk menjalani rapid test atau uji cepat virus corona. Hasilnya, bayi dan ayahnya reaktif. Mereka lalu lanjut menjalani tes swab. Si jabang bayi dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

“Dilakukan tes swab dan hasilnya memang bayi berusia 50 hari itu positif Covid-19, sedangkan ayah dan ibunya negatif,” kata Nanan.

Berkaca dari hasil tes swab tersebut serta wawancara dengan pihak keluarga, bayi perempuan berusia 50 hari itu diduga tertular dari pamannya yang hadir dalam acara hajatan. Paman dari bayi itu diketahui datang dari episentrum penularan virus corona.

“Riwayat kontak dengan pamannya yang datang dari episentrum pada saat hajatan,” ujarnya, dilansir CNNIndonesia.

Nanan mengatakan pihaknya kini tengah melacak riwayat kontak bayi dan paman dari bayi tersebut di acara hajatan.

Nanan juga meminta masyarakat agar pelaksanaan suatu kegiatan lebih diperketat. Jangan sembarang menerima tamu terutama yang berasal dari daerah episentrum penyebaran virus corona.

Nanan mengatakan sejauh ini kasus positif di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ada 14. Dari jumlah tersebut, 7 orang telah sembuh dan 2 orang meninggal dunia.