Hapus Histori Otomatis, Google Luncurkan Fitur Auto Delete

125 views
Google. Foto: Indian Express

JAKARTA – Kini pengguna gawai dan laptop tidak perlu lagi dipusingkan dengan kepenuhan memeori akibat penyimpanan sejarah aktivitas membuka laman web dan YouTube, karena Google telah meluncurkan fitur auto delete default.

“Fitur ini akan mengubah privasi pada platform Google. Fitur auto-delete default akan berlaku untuk menghapus riwayat lokasi, aktivitas web dan aplikasi serta riwayat YouTube,” kata Rahul Roy Chowdhary, VP-Product Management, Google, (Rabu (1/7/2020).

Dengan fitur ini, kata Chowdhary, pengguna akan memiliki opsi untuk menghapus data secara otomatis dalam tiga bulan atau 18 bulan, atau hanya memilih untuk menghapus secara manual. Pengguna akan memiliki opsi untuk kembali dan mengubahnya saat diperlukan, bahkan ketika standarnya dihapus secara otomatis dalam 18 bulan.

“Di masa depan kita dapat mengubah standar itu, tetapi hampir setiap perubahan dan setiap opsi, inilah kompleksitas tambahan,” jelasnya.

Dikatakannya setiap kali menambahkan opsi baru, Google melakukan edukasi dan menyampaikan kepada pengguna secara langsung agar mereka menerima perubahan baru tersebut.

Editor : Maifil
Sumber : Indian Express