Korban Tsunami Chile Bertambah Jadi Lima Orang

SANTIAGO (KBK) – Korban meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) yang menghantam sebelah utara pesisir pantai Chile bertambah menjadi lima orang.

Pemerintah Chile mengeluarkan peringatan tsunami selama beberapa kali kepada wilayah yang berada di pesisir Samudera Pasifik akibat gempa yang muncul di lokasi yang berjarak 276 kilometer dari Ibukota Santiago dan telah memaksa satu juta warga mengungsi dari rumah-rumahnya.

Getaran gempa juga terasa hingga ke pusat pemerintahan Argentina, Buenos Aires. Selain itu guncangan dahsyat juga mengakibatkan kota pelabuhan Coquimbo diterjang tsunami yang tingginya mencapai lima meter.

“Kami akan dirundung masalah dengan kehadiran tsunami,” kata Walikota Coquimbo, Cristian Galleguillos dikutip dari Reuters, Kamis (17/09/2015).

“Ada kawasan pemukiman yang sudah dibanjiri air…laut telah menyentuh pusat kota,” tambahnya.

Terjangan tsunami diperkirakan akan berdampak kepada beberapa negara lainnya meski dalam skala kecil seperti Amerika Serikat, Hawaii, dan French Polynesia. Bahkan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii memperkirakan tsunami dapat mencapai Jepang dan Selandia Baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Anti Bot *