Inovasi Advokasi Kesehatan Gerai Sehat Rorotan

274 views

JAKARTA (KBK)—Ungkaan pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati” menjadi dasar dioperasikannya Gerai Sehat Rorotan, program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PT TEP dengan Dompet Dhuafa. Memanfaatkan teknologi berbasis SMS (Short Mesage Service), klinik ini mengadvokasi masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan mereka.

“Dengan pendekatan promotif dan preventif, harapannya masyarakat lebih siap serta antisipatif terhadap gejala dan permasalahan kesehatan di sekitarnya,” ujar Herdiansyah, Direktur CSR Dompet Dhuafa Corpora, dalam siaran pers yang diterima KBK, Senin (5/10/2015).

Gerai Sehat Rorotan merupakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat gratis yang berlokasi di Jalan Malaka 1 No. 25 Jakarta Utara. Gerai ini diinisiasi sejak Mei 2014 yang lalu dan diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI, Ibu Prof. Dr. Nila F Moeloek. Hingga saat ini lebih dari 2.073 warga yang terdaftar dan menerima layanan kesehatan secara gratis dari gerai ini.

Dengan memanfaatkan layanan SMS Masking, setiap warga  aktif yang terdaftar akan mendapat SMS SEHAT. SMS ini berisi pesan kesehatan berupa tips dan motivasi  secara regular yang dikirimkan secara langsung dari Pusat Informasi Gerai Sehat Rorotan. Adapun warga yang belum terdaftar sebagai anggota akan mendapat pesan secara otomatis melalui SMS LBA, jika berada dalam jangkauan spektrum area  gerai sehat tersebut.

Afiat Djajanegara, General Affairs PT TEP mengungkapkan, peluncuran program SMS promosi kesehatan di Gerai Sehat Rorotan ini dimaksudkan untuk untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat atas pentingnya menjaga pola hidup sehat. “Kami berharap informasi kesehatan ini dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Gerai Sehat Rorotan,” tukasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Anti Bot *