Bencana Belum Berlalu, Relawan Sumsel Teruskan Baksos

BANYU ASIN (KBK) – Menyikapi Bencana Asap dan kekeringan yang melanda Sumatera Selatan beberapa bulan terakhir, relawan saling bahu membahu memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat.

Lewat kegiatan Aksi Layan Sehat (ALS), relawan memeriksa kesehatan warga dan memberikannya obat secara cuma-cuma bagi yang sakit. Aksi ini diadakan di  Desa Sedang, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (15/10/2015). Ratusan warga antusias ikuti baksos gratis ini.

Seperti disampaikan Ichsan Toba, narasumber KBK di Palembang, Jumat (16/10/2015), relawan yang bergabung dalam aksi ini adalah Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (DD Sumsel), PSP3 Kemenpora, KPA BBAC, Karang Taruna setempat.

Selain ALS, juga diadakan kunjungan ke SMPN 2 Suak Tapeh. Di sekolah tersebut diadakan sosialisasi bahaya dan dampak kabut asap, penyakit ispa, serta cara menanggulangi risikonya dengan hidup sehat.

“Kita juga membagikan masker N95 dan cara pemakaiannya. Di sekolah ini juga mengadakan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan untuk guru, staf dan beberapa murid,” jelas Ichsan.

Setelah kunjungan sekolah, diadakan pembagian air bersih untuk warga, karena kawasan ini juga dilanda kekeringan. Total air bersih yang dibagikan 7.500 liter, dengan rincian 6.600 liter dibagikan ke warga langsung, 900 liter diberikan untuk masjid desa setempat.