Kemiskinan Dapat Diberantas dengan Kemitraan

135 views
Para nara sumber memaparkan makalahnya dalam Forum Aksi untuk Bisnis yang Bertanggungjawab di Balai Kartini, Kamis (17/12/2015)

JAKARTA (KBK)- Kemitraan dari banyak pihak adalah prasyarat dalam memberantas kemiskinan. Karena dalam memberantas kemiskinan di Indonesia tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja, namun harus ada beberapa pihak yang ikut andil.

Demikian dikatakan Dr. Bambang Widianto, Deputi Sekretaris Wakil Presiden Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Penanggulangan Kemiskinan dalam pembukaan ‘Forum Aksi untuk Bisnis yang Bertanggungjawab’ atau Action Forum For Indonesia Responsible Business (AFIRB), di Balai Kartini, Kamis (17/12/2015).

Dikatakan Bambang, dengan kemitraan dalam penyaluran bantuan, baik secara finansial maupun secara program jangka panjang, dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat dengan terkoordinir.

Di saat yang sama, Diah S. Saminarsih, Staf Khusus dari Menteri Kesehatan menyampaikan, kemitraan dalam aksi tidak boleh dibatasi oleh ruang dan juga jangan melihat dari seberapa besar dan apa bentuk dari bantuan yang akan diberikan kepada masrakat.

“Kemitraan akan berhasil berdasarkan kemitraan yang tanpa batas.  Sementara Perusahaan yang dapat menjadi mitra adalah perusahaan yang mempunyai pandangan yang berpihak kepada kesejahteraan masyarakat ,” katanya.

Acara AFIRB sendiri didukung oleh perusahaan yang mengimplemantasikannya CSR dalam strategi bisnis mereka, antara lain Asia Pacific Alliance for Disaster Managent, PT Freeport Indonesia, UK Foreign & Commonwealth Office, Bank Mandiri dan Unilever.

Kegiatan ini terselenggara atas inisiasai Indonesia Business Links (IBL) bekerja sama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), ASEAN CSR Network, Accenture, serta Platform Nasional- Pengurangan Risiko Bencana (Planas PRB).

Menurut Direktur Konferensi AFIRB, Lily Widjaja, Forum ini ditujukan agar dapat menciptakan ruang bagaimana membangun aksi dan tindakan nyata. – Virga Agesta/KBK