Dalam 6 Jam, Penyerang Kampus Bacha Khan Berhasil Dilumpuhkan

206 views
Univeristas di India Foto: Indiatoday

PAKISTAN (KBK) – Enam jam setelah serangan ke kampus Bacha Khan University di Pakistan, kemarin Rabu (20/1/2016), tentara berhasil mengambil alih keadaan.

“Operasi sudah selesai, dan kampus telah dibersihkan,” kata juru bicara militer Pakistan Jenderal Asim Bajwa, memberikan keterangan pers malam tadi.

“Empat orang bersenjata telah tewas,” tambahnya.

Semua militan, merupakan anggota faksi Dara Adma Khel yang sejalan dengan Taliban Pakistan yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di kampus itu, berhasil dilumpuhkan oleh tentara Pakistan.

Menurut pejabat polisi, penyerang memasuki gedung universitas yang berada di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa itu, dengan memanjat pagar kawat berduri. Sesampai di dalam kampus mereka melepaskan tembakan ke arah mahasiswa dan dosen di kelas dan  juga asrama.

Siswa mengatakan kepada media, mereka melihat beberapa pemuda memegang senapan AK-47 menyerbu asrama universitas, di mana banyak mahasiswa sedang terlelap tidur.

Seorang pejabat keamanan mengatakan jumlah korban tewas bisa naik menjadi 40, karena lebih dari 50 orang lainnya diyakini terluka parah dalam insiden itu

Warga mengekspresikan kemarahan dan kesedihan mereka setelah serangan itu.

Meskipun serangan ini diaku dilakukan oleh sempalan Taliban Pakistan, kepala Taliban Pakistan sendiri, Fazlullah, turut mengutuk serangan itu. Dalam pernyataannya mereka yang mencatut namakelompoknya akan mendapat balasan.

Dikatakan Wakil Rektor, universitas ini memiliki lebih dari 3.000 mahasiswa dan terdaftar 600 pengunjung pada hari Rabu itu, karena sedang merayakan ulang tahun kematian aktivis Pashtun Abdul Ghaffar

“Sekitar 200 mahasiswa berhasil dievakuasi dengan aman dari ruang ujian di universitas,” kata Shah Farman, Menteri Kesehatan Masyarakat Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Seperti disitat dari Al Jazeera, Kamis (21/1/2016), karena kejadian ini, pemerintah setempat meliburkan semua lembaga pendidikan di seluruh Charsadda sampai 31 Januari 2016 nanti.