Tips Jalani Hari Hari di Tengah Cuaca Ekstrim

791 views
Ilustrasi

Hujan rintik rintik disusul panas terik, dilanjutkan hujan deras sering dialami akhir-akhir ini. Bagi yang kondisi badannya tidak siap, akan menimbulkan berbagai penyakit seperti flu, radang tenggorokan, pening dan sebagainya.

Sebetulnya ada kiat sederhana agar tubuh kita mampu beradaptasi terhadap cuaca ekstrim ini, kita sebut dengan AMIGO. Apa saja Amigo itu ?

  1. Air Minum. Jangan lupa kebutuhan minum harian kita 2 liter perhari terbagi dalam 24 jam. Kekurangan cairan tubuh mudah mengundang kondisi badan tidak fit, bahkan jika diteruskan menimbulkan masalah kesehatan serius seperti mag kronis, batu ginjal dan sebagainya
  2. Makanan yang bergizi cukup. Yang jadi masalah di kehidupan modern orang ingin makan serba cepat tidak memperdulikan kecukupan gizi dan keseimbangan gizi. Jangan benci dengan sayur dan buah ya…. karena kedua jenis makanan ini penting banget lho buat daya tahan tubuh. Sebaliknya batasi makanan manis atau terlalu asin. Apalagi dengan makanan yang berisiko meningkatkan asam lambung seperti terlalu pedas.
  3. Istirahat yang cukup. Istirahat adalah hak tubuh. Badan kita membutuhkan istirahat untuk perbaikan sel dan charge energi tubuh.
  4. Gaya Hidup. Berusaha berhenti merokok, setia pada pasangan, rajin cuci tangan pakai sabun, adalah gaya hidup sehat yang jika dijalankan. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh
  5. Olahraga atau aktifitas fisik terukur dan rutin dapat mengusir potensi timbunan lemak dalam tubuh yang dapat mengundang banyak penyakit seperti jantung koroner, hiperkolesterolemi, maupun obesitas. Menurut penelitian ilmiah Jakarta menempati posisi tertinggi se-Indonesia untuk sebab kematian akibat kurang bergerak. Jadi bergeraklah…… jalan kaki, parkirkan kendaraan anda di tempat agak jauh atau kegiatan jalan kaki sebelum di halte menunggu bis, dsb. Olahraga juga jangan di-forsir tetapi terukur dan dengan gerakan pemanasan dulu.

Simpel dan mudah kan ….. tinggal kembali kepada kita semua. Mau Sehat dan Bugar ? Ayo kita praktekkan AMIGO.