Jangan Lupa Minum

927 views
dr. Ridho

Sahabat…. dalam tulisan kemarin telah diuraikan Tips AMIGO dalam menjalani aktifitas ditengah cuaca ekstrim, dalam tulisan berikut lebih membedah perkara minum…….

Air adalah bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia. Hampir semua reaksi di dalam tubuh memerlukan cairan. Bila konsumsi air sangat sedikit, maka reaksi yang terjadi dalam tubuh akan terganggu.

Agar metabolisme tubuh dapat berlangsung dengan normal, tubuh harus mendapatkan masukan cairan setiap hari untuk menggantikan cairan yang hilang.
Manfaat cairan (air) bagi tubuh :
1. Memelihara Kulit. Air di dalam tubuh diperlukan untuk menjaga kelembaban, kelembutan dan elastisitas kulit akibat pengaruh udara panas dari luar tubuh.
2. Memulihkan Penyakit. Asupan air yang cukup ketika sedang sakit berguna untuk meredakan demam dan mengganti cairan tubuh yang terbuang sehingga proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.
3. Pencernaan. Cairan sebagai pengangkat nutrisi dan oksigen melalui darah segera mengirimkan ke sel-sel tubuh. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan dalam usus besar sehingga mencegah sembelit.
4. Mengatur Suhu Tubuh. Kekurangan air akan menyebabkan suhu tubuh akan naik yang tentunya akan mengganggu keseimbangan dan kesehatan tubuh.
5. Membuang Racun dan Sisa Makanan. Air membantu membuang racun di dalam tubuh melalui keringat, air seni dan pernapasan.

Bagi anda yang banyak beraktifitas di luar ruangan, asupan cairan yang diperlukan tubuh lebih banyak bila dibandingkan dengan orang yang tidak banyak gerak. Orang yang aktif dan berada di luar ruangan dalam waktu lama terlebih dalam kondisi cuaca terik tentunya dibutuhkan ekstra air guna mengompensasi kehilangan cairan.

Tambahan cairan yang dibutuhkan tergantung pada banyaknya keringat selama aktivitas berlangsung. Siapa yang perlu tambahan cairan?
1. Pekerja yang sering berada di bawah terik matahari
2. Mereka yang hidupnya aktif
3. Mereka yang kekurangan banyak cairan karena diare, puasa
4. Atlet yang harus banyak berlatih
5. Penggemar olah tubuh (senam, yoga, joging, bela diri dan lain-lain)
6. Mereka yang sedang menjalani diet ketat sehingga kekurangan zat gizi penting