Hati-Hati, Penyakit di Musim Hujan

351 views
dr. Yahmin Setiawan, MARS

Untuk menjaga kesehatan saat musim hujan, masyarakat harus lebih hati-hati. Ada beberapa penyakit yang kasusnya meningkat drastis saat musim hujan. Kita harus mengetahui jenis penyakit serta prilaku pengobatan dan pencegahan yang tepat dan benar. Dengan demikian, kita dapat bertindak secara tepat, serta mencegah terjadinya endemik penyakit di wilayah kita.

Berikut ini beberapa penyakit menular yang harus diwaspadai saat musim hujan dan banjir datang seperti sekarang ini yaitu :

1.DEMAN BERDARAH DENGUE (DBD)

DBD merupakan penyakit yang dapat diderita orang dewasa dan anak yang disebabkan virus dengue. Virus ini dibawa oleh nyamuk aedes agypti sebagai vector ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk tersebut.

Gejala-gejala yang harus diketahui pada pasien yang dicurigai menderita DBD adalah deman tinggi tiba-tiba selama 2-7 hari (tetap tinggi walaupun sudah diberi obat penurunan panas). Biasanya disertai rasa mual, muntah, sakit kepala dan persendian. Sangat perlu diketahui, gejala adanya bintik-bintik merah pada tubuh tidak sering muncul di awal-awal penyakit.
Ketika ada seseorang dengan gejala-gejala tersebut, harus segera dilakukan pemeriksaan darah lengkap di Puskesmas / RS terdekat. Ini untuk memastikan dan dapat segera diobati dengan tepat serta menghindari kematian.

Kita harus menjaga daya tahan tubuh dengan cara makan dan minum yang sehat. Selain itu juga perlu istirahat yang cukup serta melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Misalnya, mencuci tangan menggunakan sabun serta air bersih yang mengalir dan memperhatikan kebersihan tempat tinggal sarang nyamuk.

2.DIARE

Ketika saat hujan dan banjir, biasanya kebersihan menjadi hal yang sering terabaikan. Keterbatasan tersedianya air bersih seringkali menimbulkan kelalaian dalam menjaga kebersihan dan kesehatan.

Diare adalah buang air besar / defekasi dengan jumlah tinja yang lebih banyak dari biasanya (diatas 3 kali setiap harinya). Tinjanya berbentuk cairan atau setengah cair. Penyakit diare dapat disebabkan oleh virus, bakteri ataupun parasit. Yang harus diwaspadai dari penyakit diare adalah terjadinya dehidrasi (tubuh kekurangan cairan) dikarenakan buang air besar cair terus-menerus, disertai muntah dan deman tinggi serta sulit untuk minum dan makan.