Nikmat Sehat dan Gigi Berlubang

929 views
Pemeriksaan gigi. Foto: mirror.uk

Jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan sanggup menghitungnya. (QS. Ibrahim: 34)

Gigi geligi orang dewasa ada sebanyak 32 buah yg akan tumbuh seluruhnya sampai dengan usia 25 tahun. Nikmat mengunyah makanan sesungguhnya bermula sejak gigi tersebut di masa kanak-kanak, salah satunya gigi geraham dewasa pertama tumbuh di usia 6 tahun, betapa jika hitung nikmat sehat mengunyah, yaitu nikmat mensyukuri dengan menjaganya (gigi) tetap sehat.

Persoalan kesehatan gigi hari ini memang tak seheboh tragedi mematikan sehabis minum kopi. Ini urusan nikmat sehat yang diacuhkan begitu saja karena nikmat mengunyah adalah kesehatan yang paripurna dan lebih dari itu, menjaganya adalah kesempurnaan iman dan kesyukuran atas nikmatNya.

Beberapa tanda yang perlu disadari oleh insan beriman disaat gigi kita mulai bermasalah,

1. Gigi mulai terasa ngilu saat direspon dingin dan asam

2. Gigi berlubang yg dibiarkan secara spontan rasa nyeri muncul tanpa direspon sesuatu.

3. Gigi berlubang yang sudah tidak ada rasa sakit apapun baik direspon ataupun tidak.

Ketiga tanda tersebut adalah perjalanan kerusakan pada gigi yg bisa terjadi dan dapat mengganggu nikmat sehat mengunyah kita.

Penting bagi kita untuk melakukan usaha pencegahan dan pengobatan sebelum keadaannya semakin buruk, beberapa tips untuk kita bersama menjaga agar gigi tetap sehat,

Pertama, perhatikan jarak makan dengan waktu membersihkan gigi kita, semakin panjang waktunya, semakin mudah proses asam merusak permukaan gigi.

Kedua, Biasakan menetralisir rongga mulut sehabis makan-makanan manis, lengket maupun asam dengan minum air putih, berkumur atau jika memungkinkan menyikat gigi.

Ketiga, sikatlah gigi dengan baik dan benar, bertahap dan seluruh 0lpermukaan, tambahkan pasta gigi yang sesuai bagi kita.