Besok Mogok Massal, Cari Kendaraan Alternatif

173 views

JAKARTA- Ribuan pengemudi angkutan umum akan menggelar aksi mogok dan unjuk rasa pada Selasa (22/3/2016). Warga yang biasa menggunakan angkutan umum untuk beraktivitas diharapkan mencari alternatif transportasi lain untuk mengantisipasi tidak tersedianya angkutan umum.

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto membenarkan hal tersebut. Direncanakan aksi akan digelar pada pukul 09.00 WIB. Awak angkutan yang akan menggelar aksi tersebut tegabung dalam Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) dan Forum Komunikasi Masyakat Penyelenggara Angkutan Umum (FK MPAU).

“Ada banyak jenis angkutan umum yang mogok. Mereka juga akan berdemo di tempat berbeda-beda. Diprediksi akan banyak penumpang tercecer karena tidak terlayani angkutan umum,” kata AKBP Budianto kepada Kompasian.com, Senin (21/3/2016).

Dikatakannya, untuk awak kendaraan seperti taksi, bus kota, bajaj rencananya akan demo di depan gedung DPR/MPR dengan jumlah sekitar 5.000 armada dan 5.000 awak angkutan umum. Selain itu ada sekitar 30 perwakilan mendatangi kantor Kemenko.

Kemudian masa yang tergabung dalam FK-MPAU, terdiri dari awak angkutan KWK dan Mikrolet berdemo di depan Istana Negara, gedung Balai Kota DKI Jakarta dan  DPRD DKI Jakarta pada pukul 07.00 WIB. Diperkirakan ada 500 unit angkutan umum dan 3.000 massa yang akan berdemo.

“Tuntutannya adalah pembekuan aplikasi angkutan ilegal plat hitam,” pungkas AKBP Budianto.

Dirinya menegaskan, target dari aksi tersebut adalah dicabutnya surat edaran BPTSP Nomor 3640/-1.818/I tentang masa berlaku angkutan umum dan revisi Perda DKI nomor nomor 5 tahun 2014 tentang transportasi.

Diprediksi kemacetan akan terjadi diberbagai titik di wilayah Jakarta seperti di Jl Gatot Subroto, Jl Medan Merdeka Selatan, Jl Medan Merdeka Barat dan Jl Kebon Sirih.  Selain itu diprediksi pula aka nada aksi sweeping pengendara angkutan umum yang tidak ikutan demo.