IMD, Kontak Cinta Pertama Manusia

990 views

Sekali-kali bayi akan melihat ibunya dan menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Ajaibnya, kulit si ibu dapat berfungsi sebagai “thermoregulator thermal synchron”, artinya jika bayi kedinginan, maka kulit si ibu akan meningkat suhunya 2 (dua) derajat Celcius, dan jika si bayi kepanasan, maka akan menurun 1 (satu) derajat Celcius.

Kedua, pada waktu 45 – 60 menit selanjutnya. Bayi akan menggerakkan mulutnya seperti mau minum, mencium, kadang mengeluarkan suara, dan menjilat tangannya. Bayi akan mencium dan merasakan cairan ketuban yang ada di tangannya. Bau ini sama dengan bau cairan yang dikeluarkan payudara ibu. Inilah yang akan membimbing bayi menemukan payudara dan puting susu ibu. Itulah sebabnya tidak dianjurkan mengeringkan kedua tangan bayi pada saat bayi baru lahir.
Kemudian yang ketiga, saat  bayi  siap dan menyadari adanya makanan di sekitarnya,bayi mulai mengeluarkan air liur. Dan keempat, bayi akan bergerak ke arah payudara. Areola payudara akan menjadi sasarannya dengan kaki bergerak menekan perut ibu. Bayi akan menjilat kulit ibu, menghentakkan kepala ke dada ibu, menoleh ke kanan dan kiri, serta menyentuh dan meremas daerah puting susu dan sekitarnya dengan tangannya.
Ketika bayi menjilati kulit si ibu, secara tidak langsung ia akan memasukkan bakteri-bakteri yang bermanfaat untuk ususnya, dan ketika ia menghentakkan kepala ke dada ibunya, ia melakukan “massage” atau pemijatan yang akan melancarkan pengeluaran ASI dari payudara si ibu.
Akhirnya tahapan yang kelima, bayi akan menyusu. Dengan bayi menemukan puting susu ibunya, membuka mulut lebar-lebar, dan melekat dengan baik serta mulai menyusu. Bayi akan mendapatkan kolostrum yang memberikan manfaat yang banyak untuk dirinya. Suatu kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, dimana bayi baru lahir sebetulnya sudah bisa mencari jalan sendiri untuk menemukan kehidupannya dimulai dengan mencari puting susu ibunya.
Jjika si bayi sudah menemukan puting ibunya, biarkan paling tidak 1 (satu) jam atau lebih sampai proses menyusu awal selesai. Bila dalam 1 (satu) jam si bayi belum menemukan puting, dekatkan bayi ke puting tapi jangan memasukkan puting ke mulut bayi.