Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Ajak Umat Siapkan Jasmani dan Rohani

BOGOR (KBK)- Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah Dompet Dhuafa (DD) mengadakan Dzikir Akbar di Zona Madinah, Kampung D’Jampang, Parung, Bogor, Minggu (29/5). Dzikir yang diikuti ratusan umat muslim tersebut dipimpin oleh Ustad H. Muslih Azis Sag.

Selain itu dihadiri pula penceramah dua Dai Ambassador Cordofa yaitu H. Muhammad Azam Shidqi Lc dan Ustad H.Indriyanto Faishal, MA. Acara ini sekaligus memperkenalkan masjid Al-Madinah yang baru saja di remikan kepada masyarakat.

“Di masjid ini saat bulan Ramadhan nanti insya Allah akan digelar berbagai aktivitas untuk memakmurkan masjid seperti tausiyah, salat tarawih, dan iktikaf. Selebihnya di kawasa Zona Madina sendiri berbagai program Ramadhan juga digelar seperti ngabuburit sambil memanah dan bazar pedagang binaan Dompet Dhuafa,” jelas Direktur Zona Madina, Herman Budianto di Parung, Bogor, Minggu (29/5/2016).

Masjid berlantai dua itu berdaya tampung 2.000 jamaah, dilengkapi sebuah ruangan pertemuan di lantai satu berkapasitas 2.000 tamu. Dana untuk masjid dari sumbangan donatur Dompet Dhuafa, berupa infak, sedekah dan wakaf. Sampai April ini telah terkumpul sekitar Rp 7 miliar. Al Madinah masih dalam tahap penyelesaian akhir. Diharapkan pembukaan akbar bisa dialakukan dalam bulan Ramadhan mendatang. Sejak 29 April lalu, masjid ini sudah dapat berfungsi.

Tujuan pembangunan Al Madinah adalah untuk menjadikan masjid sebagai model sebuah pusat keunggulan ( center of excellence). Dompet Dhuafa ingin menjadikan masjid selain fungsi beribadah juga sebagai pusat pemberdayaan masyarakat miskin dalam bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, kebudayaan, di samping fungsi utamanya untuk pembinaan imam dan takwa.

Karena itu, Al Madinah yang berdiri di zona seluas hampir 7 hektar itu dilengkapi dengan rumah sehat (rumah sakit), Lembaga Pengembangan Insani (Smart Ekselensia Indonesia, sekolah akselerasi SMP-SMA lima tahun berasrama, Sekolah Guru Indonesia, Markmal Pendidikan), pusat seni budaya (Kampung Silat Jampang), tempat latihan teater, memanah, kemah Pramuka, pasar/kios, taman tempat bermain dengan flying fox dan studio radio komunitas Swara Cinta dan Z(akat) TV.

Selain itu acara tersebut juga dimeriahkan dengan Berbagai aktivitas seperti fun bike, dan jalan sehat. Berbagai macam hadiah juga disediakan oleh panitia untuk menarik minat masyarakat serta menambah kemeriahan acara penyambutan bulan suci Ramadhan tersebut.

“Kami ingin menyambut Ramadhan ini dengan aktivitas yang sedikit berbeda di Zona Madina. Selain persiapan ilmu, rohani, dan spiritual, persiapan fisik juga penting. Ini agar beribadah di bulan Ramadhan semakin maksimal,”pungkas Herman.