BPBD Imbau Jalur Penerbangan Gunung Kerinci Dihindari

682 views
Ilustrasi

PADANG – Sejumlah penerbangan yang melewati jalur Gunung Kerinci diimbau untuk sementara waktu menghindari jalur melewati Gungung Kerinci sebagai langkah antisipasi kecelakaan.

Imbauan tersebut dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat berdasarkan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Sewaktu-waktu semburan abu vulkanik Gunung Kerinci bisa mencapai ketinggian yang mengganggu jalur penerbangan, oleh sebab itu lebih baik menghindari jalur ini,” kata Sekretaris BPBD Solok Selatan, Sumardianto di Padang Aro, Selasa (7/6/2016), dikutip dari Antara.

Meskipun menurutnya jalur penerbangan melewati Gunung Kerinci ini tidak dilarang tetapi lebih baik dihindari sebelum terjadi kejadian yang bisa membahayakan.

“Ada beberapa maskapai yang menggunakan jalur ini dan sekarang sebaiknya dihindari dulu,” katanya.

Dia menyebutkan, aktivitas kegempaan tremor Gunung Kerinci masih seperti biasanya tetapi gempa hembusan meningkat dari biasanya.

Terkait dengan gempa yang berpusat di Pesisir Selatan Sumbar dengan kekuatan 6,5 Skala Richter pada Kamis lalu katanya, bisa saja mempengaruhi aktivitas Gunung Kerinci sebab sumbernya dekat dengan gunung.

“Dapur kawah Gunung Kerinci bisa saja diaduk oleh gempa tetapi untuk memastikannya perlu dilakukan kajian lebih lanjut,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan juga telah mengeluarkan peringatan mengenai hal ini.

Peringatan dilakukan melalui Ashtam, atau sejenis ‘notam’ (notice to airman) seri khusus dengan format tertentu yang berisi tentang perubahan aktifitas gunung berapi, erupsi dan awan debu gunung berapi yang dapat berpengaruh terhadap pengoperasian pesawat udara.