Khawatir Vaksin Palsu, Puluhan Orang Tua Datangi RS Harapan Bunda

ist

JAKARTA-Puluhan orangtua yang khawatir anak mereka mendapat vaksin palsu setelah mengetahui daftar fasilitas kesehatan yang menggunakan vaksin palsu sejak kemarin malam siang ini terus berdatangan ke Rumah Sakit Harapan Bunda di Jakarta Timur.

Hal ini untuk mengetahui apakah putra-putri mereka pernah mendapatkan vaksin palsu.

Seperti diberitakan Antara, Jumat (15/7) puluhan orangtua memenuhi ruang pengaduan di rumah sakit tersebut untuk meminta informasi mengenai vaksin yang pernah diberikan kepada anak mereka.

Hanya ada tiga petugas yang melayani mereka. Beberapa di antaranya berteriak dan marah karena harus menunggu lama untuk mendapat pelayanan.

Petugas rumah sakit meminta para orangtua menuliskan informasi seperti nama anak, nama dokter anak mereka, nomor kartu rumah sakit, dan nomor telepon mereka pada selembar kertas putih.

Namun mereka tidak bisa segera memberikan konfirmasi mengenai vaksin yang diberikan kepada masing-masing pasien karena harus terlebih dulu memeriksa data rekam medis.

Tapi seorang orangtua yang anaknya mendapatkan vaksin di rumah sakit itu pada awal 2015 tetap khawatir. Dia juga ikut menuliskan data vaksinasi anaknya dan menunggu konfirmasi dari rumah sakit.

Mira mengatakan rumah sakit menyerahkan tindak lanjutnya kepada dokter yang langsung menangani pasien yang bersangkutan dan menyarankan orangtua menghubungi dokter anak mereka.

“Kita seranhkan ke dokternya tindak lanjut apa yang harus dilakukan terhadap pasien. Kami tetap bertanggung jawab di sini sesuai dengan arahan dari Menteri Kesehatan,” katanya.