Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah : Hukum Islam Mengenai Pengungsi Tidak Tertinggal

foto aditya kbk

JAKARTA, KBK – Kendati Al-Quran kitab suci agama islam telah berusia lebih dari seribu tahun namun ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya tidak tertinggal. Menurut Prof. H. M Amin Suma, SH, M.A, MM Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ilmu yang terkandung di dalam Al-Quran tak akan ketinggalan zaman termasuk masalah pengungsi.

“Hidup dalam islam harus saling membantu. Terlebih masalah kemanusiaan, islam wajib membantunya meski yang di tolong itu bukan sesama muslim,” kata Amin dalam paparannya di acara Dialog Publik Kemanusiaan yang di gelar Dompet Dhuafa, kamis (11/08/16) di Jakarta.

Dalam paparannya Amin juga mengajak setiap umat muslim harus memuliakan tamu yang dalam hal ini adalah pengungsi.

“Jangankan tamu, sesama muslim saja kalau datang minta makan di rumah kita, kita harus melayaninya selama 3 hari 3 malam. Melebihi aturan yang di terapkan rukun tetangga. Itu hebatnya islam,” terang Amin.

Menurut Amin yang membuat segala aturan mengurus pengungsi menjadi rumit ialah karena percaturan politik dunia yang mengutamakan ego manusia. Kompleksitas permasalahan manusia membuat pengungsi kerap dianggap sebagai ancaman dan benalu sehingga kekhawatiran dan ketakutan selalu menyelimuti.

“Hal itu lah yang menghambat penanganan pengungsi,” ucap Amin.