Partai Buruh Inggris Serukan Israel Hentikan Serangan ke Palestina

579 views
Ilustrasi perjuangan kemerdekaan Palestina/ Foto: umm.ac.id

LONDON–Bukan hanya kaum muslim saja yang menentang serangan Israel ke Palestina, ternyata datang juga dari kaum non muslim.

Pimpinan Partai Buruh Inggris yang beberapa saat lalu mendapat kepercayaan kembali memimpin partainya pekan lalu dalam pemilu internal, Jeremi Corbin menegaskan daruratnya menghentikan serangan Israel di Palestina dan menyerukan agar mewujudkan solusi dunia negara di sana.

Dalam sambutannya pada pertemuan khusus Group Sahabat Palestina Partai Buruh yang digelar di sela-sela Koferensi Partai Buruh, Jeremi mengapresiasi usaha membela hak rakyat Palestina dan membela keadilan serta perdamaian untuk mengembalikan hak-hak bangsa Palestina.

Selama bertahun-tahun Jeremi terlibat dalam kampanye membela pengungsi Palestina dan kini ia meminta agar penjajahan Israel di Palestina diakhiri. Partai Buruh Inggris sendiri mengakui penuh negara Palestina. “Saya bangga mendukung pelaksanaan referendum mengakui Palestina sebagai negara di parlemen Inggris tahun lalu,”katanya seperti dilaporkan AP, Selasa (4/10).

Ia menyatakan, bangsa Palestina layak mendapatkan pengakuan tersebut karena itu akan menjadi factor bagi pengakuan riil dari seluruh dunia untuk mewujudkan perdamaian, untuk itu penjajahan harus diakhiri dan blokade di Jalur Gaza juga diakhiri.