Menhan Israel: Jika Kelompok Bersenjata Gaza Tak Mau Damai, Israel akan Habisi Semua

224 views
Menteri Pertahanan Israel Lieberman mengatakan, jika kelompok bersenjata di Gaza tak mau damai, di perang berikut semuanya akan dihabisi. Foto; Suara Palestina

AL QUDS, (KBK) – Menteri Pertahanan Israel Lieberman mengatakan, jika kelompok bersenjata di Jalur Gaza tetap ingin berperang dengan Israel, maka perang yang akan datang adalah perang yang terakhir.

“Israel akan menghabisi semuanya,” katanya kepada Surat Kabar Palestina, Al Quds, baru-baru ini.

Saat ini Jalur Gaza adalah satu-satunya wilayah Palestina yang belum berhasil dikuasai Israel. Di sana sejumlah kelompok perlawanan bersenjata seperti Hamas dan Jihad Islamy, masih aktif dan terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Lieberman yang kini memimpin partai politik sayap kanan “Israel Beitna” terkenal dengan sikap politiknya yang mendukung terwujudnya dua negara, Palestina dan Israel.

Wawancara Lieberman dengan “Al-Quds” tergolong yang pertama kali dengan media massa Palestina.

Banyak kalangan yang mengkritik langkah “Al-Quds” yang mewawancarai Lieberman. Bahkan sejumlah aktivis menyeru untuk memboikot surat kabar yang memiliki oplah terbesar di Palestina itu.

Komite Nasional Palestina yang khusus bergerak dalam aksi boikot Israel, menilai bahwa surat kabar “Al-Quds” mencoba untuk melakukan normalisasi hubungan dengan petinggi Israel yang merupakan aktor dibalik kejahatan perang selama ini. Komite ini menolak menyebut upaya itu sebagai bagian dari kebebasan pers.

Menurut laman Suara Palestina, menanggapi pernyataan Lieberman kali ini, Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Palestina menegaskan bahwa Lieberman tidak jauh berbeda dengan para petinggi Israel lainnya yang sudah terbiasa berdusta di media massa. Kemenlu Palestina menilai bahwa sudah banyak pernyataan kontroversial Lieberman yang bertentangan dengan perjanjian dan hukum internasional